Friday, February 21, 2014

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan - Hal inilah yang membuat bulan Ramadhan berbeda dari bulan-bulan yang lain. Walaupun pada bulan-bulan yang lain juga ada keutamaan dan keistimewaannya juga. Tetapi karena saking banyaknya keistimewaan sampai-sampai nabi pernah bersabda, kalau umatku mengetahui betapa banyaknya keistimewaan bulan Ramadhan, mungkin mereka akan meminta semua bulan (12 bulan) adalah bulan Ramadhan. Allahu Akbar, sedahsyat itukah keistimewaan bulan Ramadhan? Langsung saja berikut ulasannya.

Keistimewaan-Keistimewaan Bulan Ramadhan 

  • 1. Puasa bulan Ramadhan adalah rukun keempat dalam Islam.
Firman Allah ta’ala: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al Baqarah: 183). Sabda Nabi ٍSaw:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Islam didirikan di atas lima sendi, yaitu: syahadat tiada sembahan yang haq selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji ke Baitul haram.” (Hadits Muttafaq alaih).

  • 2. Ibadah puasa merupakan salah satu sarana penting untuk mencapai takwa, dan salah satu sebab untuk mendapatkan ampunan dosa-dosa, pelipatgandaan kebaikan, dan pengangkatan derajat.
Allah telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk diri-Nya dari antara amal-amal ibadah lainnya. Firman Allah dalam hadits yang disampaikan oleh Nabi Saw: “Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada aroma kasturi.” (Hadits Muttafaq alaih).

Dan sabda Nabi Saw:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Hadits Muttafaq alaih).

Maka untuk memperoleh ampunan dengan puasa Ramadhan, harus ada dua syarat berikut ini:
  • Mengimani dengan benar akan kewajiban ini.
  • Mengharap pahala karenanya di sisi Allah ta’ala.

  • 3. Pada bulan Ramadhan diturunkan Al Qur’an
Pada bulan Ramadhan diturunkan al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan berisi keterangan-keterangan tentang petunjuk dan pembeda antara yang haq dan yang bathil.

  • 4. Pada bulan ini disunnahkan shalat tarawih
Yakni shalat malam pada bulan Ramadhan, untuk mengikuti jejak Nabi Saw, para sahabat dan khulafa’ur rasyidin. Sabda Nabi Saw:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Barangsiapa mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(Hadits Muttafaq alaih).

  • 5. Terdapat pada bulan ini Lailatul Qadar (malam mulia)
Yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Malam di mana pintu-pintu langit dibukakan, doa dikabulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan. Sabda Nabi Saw:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Barangsiapa mendirikan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(Hadits Muttafaq alaih).

Malam ini terdapat pada sepuluh malam terakhir, dan diharapkan pada malam-malam ganjil lebih kuat daripada malam-malam lainnya. Karena itu, seyogyanya seorang muslim yang senantiasa mengharap rahmat Allah dan takut dari siksa-Nya. Memanfaatkan kesempatan pada malam-malam itu dengan bersungguh-sungguh pada setiap malam dari kesepuluh malam tersebut dengan; shalat, membaca al-Qur’anul karim, dzikir, doa, istighfar dan taubat yang sebenar-benarnya. Semoga Allah menerima amal ibadah kita, mengampuni, merahmati dan mengabulkan doa kita.

  • 6. Pada bulan ini terjadinya perang Badar
Pada bulan ini terjadi peristiwa besar yaitu perang Badar, yang pada keesokan harinya Allah membedakan antara yang haq dan yang batil, sehingga menanglah Islam dan kaum muslimin serta hancurlah syirik dan kaum musyrikin.

  • 7. Pada bulan ini terjadinya Fathu Makkah
Pada bulan suci ini terjadi pembebasan kota Makkah Al Mukarramah, dan Allah memenangkan Rasul-Nya. Sehingga masuklah manusia ke dalam agama Allah dengan berbondong-bondong dan Rasulullah mengahancurkan syirik dan paganisme yang terdapat di kota Makkah, dan Makkah pun menjadi negeri Islam.

  • 8. Pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat.
Betapa banyak berkah dan kebaikan yang terdapat dalam bulan Ramadhan. Maka kita wajib memanfaatkan kesempatan ini untuk bertaubat kepada Allah dengan sebenar-benarnya dan beramal shalih. Semoga kita termasuk orang-orang yang diterima amalnya dan beruntung.

  • 9. Diampuninya Dosa-Dosa Di Bulan Itu
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits lain beliau bersabda:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni” (Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad)

  • 10. Dilipat Gandakan Pahala Pada Bulan Ramadhan
Rasulullah shallallah alaihi wa sallam bersabda:
“Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji” (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim), Dalam riwayat Muslim disebutkan “……..menyamai pahala ibadah haji bersamaku”.

Ibnu Rajab rahimahullah berkata (Abu Bakr bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak guru-gurunya yang berkata: apabila telah dating bulan Ramadhan maka perbanyaklah berinfaq, karena infaq pada bulan Ramadhan dilipat gandakan bagaikan infaq fi sabilillah, dan tasbih pada bulan Ramadhan lebih utama dari pada tasbih di bulan yang lain)

  • 11. Puasa Ramadhan Salah Satu Sebab Masuk Surga
Pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ada dua orang dari bani Qudha’ah yang masuk islam, kemudian salah seorang dari mereka mati syahid, sementara yang satunya wafat setahun kemudian, salah seorang sahabat bernama Thalhah bin Ubaidillah radhiallahu anhu berkata: aku bermimpi melihat surga, lalu aku melihat orang yang wafat setahun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid, akupun terheran-heran, maka tatkala pagi hari aku memberitahu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliaupun bersabda:
“Bukankah setelah itu (dalam waktu setahun) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat?” (Diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani)

  • 12. Bulan Ramadhan Bulan Ibadah Dan Amal Kebaikan
Rasulullah shallallahu alaihi wa salam bersabda:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Inilah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, apabila telah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, beliau mengencangkan sarung beliau, menghidupkan malam Ramadhan, dan membangunkan keluarganya. Inilah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan lagi apabila datang bulan Ramadhan.

  • 13. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah, Rahmat, dan Mustajabnya Doa
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah” (Diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu rahmat, sedangkan pintu-pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan ini adalah lafadz Muslim)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Ramadhan
“Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab” (diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani)

Semoga dapat memotivasi sahabat-sahabat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon