Monday, March 03, 2014

Biografi Sultan Iskandar Muda: Pembangun Dasar-Dasar Hubungan Internasional RI

Biografi Sultan Iskandar Muda: Pembangun Dasar-Dasar Hubungan Internasional RI - Sultan Iskandar Muda lahir di Banda Aceh Provinsi Daerah Istimewa Aceh pada tahun 1583. Beliau sejak kecil telah besar di istana dan ayahnya merupakan seorang raja besar. Beliau dinobatkan menjadi raja pada tahun 1606 dan langsung memberikan tatanan baru di wilayah kerajaannya. Salah satu contohnya adalah pengangkatan pimpinan adat untuk masing-masing suku dan membuat tatanan Negara yang baru sekaligus qanun yang menjadi tuntutan penyelenggaraan kerajaan hubungan antara raja dengan rakyat. 
Biografi Sultan Iskandar Muda

Karir Sultan Iskandar Muda


Selama 30 tahun (1606-1636) masa pemerintahannya, Sultan Iskandar Muda membawa Kerajaan Aceh Darussalam menuju kejayaan. Pada saat itu, Kerajaan Aceh Darussalam dapat menjadi kerajaan terbesar kelima di dunia setelah kerajaan Islam di Maroko, Isfahan, Persia dan Agra. Seluruh wilayah di semenanjung melayu disatukan di bawah kerajaannya dan secara ekonomi kerajan ini mempunyai hubungan diplomasi yang baik dalam hubungan Internasional. 

Belum banyak tulisan yang memuat tentang Sultan Iskandar Muda. Pada tanggal 14 September 1993 pemerintah RI memberi anugerah Pahlawan Nasional kepada Sultan Iskandar Muda atas jasa dan kejayaannya membangun dasar-dasar penting hubungan Internasional.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon