Wednesday, May 21, 2014

Dimensi Lingkungan Belajar yang Efektif

Dimensi Lingkungan Belajar yang Efektif - Kondisi-kondisi tertentu sekolah menentukan performa akademik siswa. Dalam sebuah studi terhadap 50 sekolah dasar yang dilakukan secara acak di London, berhasil mengidentifikasi dua belas karakter sekolah yang memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Sembilan dari dua belas karakter tersebut secara langsung berhubungan dengan siswa dan kelas, konsistensi guru, jadwal pelajaran yang terstruktur, pengajaran yang menantang secara intelektual, lingkungan yang berorientasi kekaryaan, terfokus pada hal terbatas dalam setiap jam pelajaran, komunikasi yang maksimal antara guru dan siswa, menyimpan data individual anak (record keeping), keterlibatan orang tua, dan suasana yang positif.

Rasa senang yang dimiliki siswa terhadap sekolah, ekspektasi yang tinggi, perhatian dan sikap adil dari seorang guru, dan hubungan yang positif antar sesama teman, juga merupakan factor lain lembaga pendidikan yang efektif (Samdal, 1999). Keseluruhan factor-faktor ini merupakan dimensi lembaga pendidikan yang dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Beberapa penelitian yang lain menemukan, tersedianya fasilitas belajar mengajar, bangunan sekolah yang memadai merupakan factor lain yang juga mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Dimensi Lingkungan Belajar yang Efektif

Ini membuktikan bahwa tidak hanya guru sebagai elemen pokok yang memiliki pengaruh yang dominan dalam proses pembelajaran, tetapi juga pemerintah sebagai stakeholder juga memiliki peran yang signifikan dengan meningkatkan sarana dan fasilitas sekolah berikut kurikulum.

Demikian uraian singkat tentang dimensi lingkungan pendidikan yang efektif, semoga kita bisa menjadi lebih tahu bagaimana membelajarkan siswa dengan tepat dan terarah menuju tujuan yang diinginkan.


Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon