Thursday, May 29, 2014

Pembelajaran adalah Proses Berpikir

Pembelajaran adalah Proses Berpikir - Pada kesempatan kali ini, admin akan share tentang pembelajaran adalah proses berpikir. Kenapa dikatakan belajar adalah proses berpikir? Karena belajar berpikir menekankan kepada proses mencari dan menemukan pengetahuan melalui interaksi antara individu dengan lingkungan. Dalam pembelajaran berpikir proses pendidikan di sekolah tidak hanya menekankan kepada akumulasi pengetahuan materi pelajaran. Akan tetapi, yang diutamakan di sini adalah kemampuan siswa untuk memperoleh pengetahuannya sendiri (self regulated).

Asumsi yang mendasari pembelajaran berpikir adalah bahwa pengetahuan itu tidak datang dari luar. Akan tetapi, dibentuk oleh individu itu sendiri dalam struktur kognitif yang dimilikinya. Atas dasar asumsi itulah pembelajaran berpikir memandang bahwa mengajar itu bukanlah memindahkan pengetahuan dari guru pada siswa, melainkan suatu aktivitas yang memungkinkan siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya. Menurut Bettencourt, mengajar dalam pembelajaran berpikir adalah berpartisipasi dengan siswa dalam membentuk pengetahuan, membuat makna, membuat kejelasan, bersikap kritis, dan mengadakan justifikasi.

Pembelajaran adalah Proses Berpikir

Dalam proses pembelajaran, La Costa (1985) yang pendapatnya dikutip oleh Sanjaya (2006: 107) mengklasifikasikan mengajar berpikir menjadi tiga jenis, yaitu:
  • Teaching of Thinking;
  • Teaching for Thinking; dan
  • Teaching about Thinking.
Pertama, Teaching of Thinking adalah proses pembelajaran yang diarahkan untuk pembentukan keterampilan mental tertentu, seperti misalnya keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan lain sebagainya. Dengan demikian, jenis pembelajaran ini lebih menekankan kepada aspek tujuan pembelajaran. Kedua, Teaching for Thinking adalah proses pembelajaran yang diarahkan pada usaha menciptakan lingkungan belajar yang dapat mendorong terhadap pengembangan kognitif. Jenis pembelajaran ini lebih menitikberatkan kepada proses menciptakan situasi dan lingkungan tertentu, contohnya, menciptakan suasana keterbukaan yang demokratis, menciptakan iklim yang menyenangkan sehingga memungkinkan siswa dapat berkembang secara optimal. Dan ketiga, Teaching about Thinking adalah pembelajaran yang diarahkan kepada upaya untuk membantu agar siswa lebih sadar terhadap proses berpikirnya. Jenis pembelajaran ini lebih menekankan kepada metodologi yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Pada kenyataannya, proses pembelajaran berpikir menyangkut tiga hal tersebut. Artinya, dalam pelaksanaan pembelajaran kita tidak mungkin melepaskan ketiga aspek di atas. Contohnya, untuk dapat melatih keterampilan berpikir tertentu kepada siswa sangat diperlukan suasana yang mendukung serta metodologi yang dianggap efektif. Oleh karenanya, ketiga hal di atas memiliki keterkaitan yang sangat erat bahkan tidak dapat dipisahkan.

Demikian uraian singkat tentang pembelajaran adalah proses berpikir. Semoga dengan uraian di atas walaupun sedikit dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita dalam dunia pendidikan.


Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon