Friday, June 13, 2014

Membangun Information Technology (IT) Pesantren

Membangun Information Technology (IT) Pesantren - Peran penting pesantren sebagai basis pendidikan dan dakwah sangat memerlukan piranti pendukung untuk mengaktualisasikan peranannya di tengah-tengah peradaban modern. Salah satu hal utamanya adalah mengembangkan pemanfaatan teknologi informasi di pesantren. Mengapa demikian? Sebab pada dasarnya, pendidikan maupun dakwah merupakan bentuk kegiatan komunikasi, baik berupa komunikasi personal, kelompok, ataupun masa. Sementara komunikasi yang baik tentu saja membutuhkan adanya sumber informasi yang baik pula; begitupun komunikator yang handal, pesan (message) yang sesuai, dan saluran atau medium yang tepat. Sehingga pada akhirnya, aktivitas pendidikan dan dakwah yang dilakukan pesantren dengan menggunakan teknologi informasi diharapkan akan menghasilkan efek positif bagi masyarakat luas.
Membangun Information Technology (IT) Pesantren
Sekarang ini teknologi informasi memegang peranan penting dalam kemajuan peradaban manusia. Karena itulah semestinya pesantren bukan hanya membahas permasalahan agama saja, melainkan juga menjadikan teknologi informasi sebagai pendukung sarana untuk pendidikan dan dakwah secara mengglobal dengan menembus batas-batas geografis. Hal ini penting untuk dimengerti mengingat system informasi konvensional tidak dapat mendukung penyebaran informasi secara meluas. Sementara dunia dewasa ini telah menerapkan system informasi berbasis computer yang membuat segalanya menjadi mudah untuk tersentuh oleh siapapun dan dimanapun. Maka dari itu, pesantren memang sudah seharusnya melengkapi kebutuhan teknologi yang sudah menjadi tuntutan zaman.

Berbicara tentang teknologi dan penyebaran informasi tidak akan lepas dari apa yang disebut dengan “internet”. Internet merupakan wadah yang banyak digunakan untuk penyebaran informasi, karena internet tidak mengenal akan batasan ruang dan waktu. Dunia Islam saat ini sudah tidak asing lagi dengan internet. Sudah banyak lembaga pendidikan atau organisasi yang bernuansa Islam yang memiliki “website” tersendiri. Kita sebut saja salah satunya adalah Pesantren Darut Tauhid yang dipimpin oleh seorang da’I ternama yaitu Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal dengan sapaan “Aa Gym”. Pesantren ini telah mensosialisasikan dakwahnya melalui web yang dikemas secara interaktif; dan tidak hanya itu saja beliau juga menggunakan teknologi seluler untuk memperluas dan mempermudah jalur dakwah yaitu dengan mengirimkan sms maka anda dapat menerima tausiah ataupun nasihat dari tim Manajemen Qalbu. Ini merupakan suatu terobosan baru bagi dunia dakwah khususnya di Indonesia. Di samping itu juga ada “pesantren.net” dimana dapat diketahui pesantren-pesantren di Indonesia dan isu-isu teraktual dari dunia yang bersangkutan dengan isu-isu ke-Islam-an. Sesungguhnya dunia internet telah tidak asing lagi bagi sebagian kalangan pesantren. Hanya saja masalahnya, butuh waktu berapa tahun lagi agar dunia pesantren bebas dari “buta” teknologi informasi?

Dengan pemaparan yang singkat ini, ada satu hal yang penting untuk digaris bawahi atas dasar konteks seorang muslim, bahwa penting adanya lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti pesantren dan keberadaan ustadz atau guru yang menguasai informasi sebagai bagian dari sarana untuk menunjang pendidikan pada era informasi ini. Semoga bisa bermanfaat dan membuka wawasan kita.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon