Monday, October 27, 2014

Jenis-jenis Kegiatan Bermain Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Jenis-jenis Kegiatan Bermain di PAUD - Pada postingan kali ini, Membumikan Pendidikan akan share beberapa jenis kegiatan bermain yang dapat diaplikasikan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sudah sahabat-sahabat semua ketahui bahwa area anak adalah bermain. Bermain merupakan suatu kebutuhan yang harus dilakukan pada masa anak-anak. Oleh karena itu, sahabat-sahabat yang sudah menjadi seorang Ibu atau seorang Guru seyogyanya paham mana permainan yang bisa atau dapat menggugah minat dan motivasi anak-anak untuk belajar sambil bermain (Learning by Doing). Tanpa harus melarang anak, tanpa harus menggunakan metode yang keras yang notabene akan membuat anak mengalami ketakutan. Berikut Membumikan Pendidikan share beberapa jenis kegiatan bermain pada pendidikan anak usia dini.

Baca juga: Fungsi Bermain Pada Pendidikan Anak Usia Dini


Jenis-Jenis Kegiatan Bermain untuk Anak

Jenis-jenis kegiatan bermain bisa membuat anak asyik sekaligus merangsang perkembangannya. Dalam bermain anak menggunakan alat permainan sesuai dengan kebutuhan anak, begitu pula jenis kegiatan bermain sesuai dengan usia perkembangan anak. Ada berbagai jenis kegiatan bermain anak diantaranya adalah sebagai berikut:
Bermain Aktif
Pada kegiatan bermain aktif, anak melakukan aktivitas gerakan yang melibatkan seluruh indera dan anggota tubuhnya. Diantara jenis kegiatan bermain aktif adalah:
  • Tactile Play/bermain dengan tangan. Merupakan kegiatan bermain yang meningkatkan keterampilan jari jemari anak serta membantu anak memahami dunia sekitarnya melalui alat perabaan dan penglihatannya.
Tactile Play
Tactile Play
  • Functional Play. Permainan yang mengutamakan gerakan motorik kasar/otot besar.
Functional Play
Functional Play
  • Constructive Play/membangun. Permainan yang mengutamakan anak untuk membangun atau membentuk bangunan dengan media balok, lego dan sebagainya.
Constructive Play
Constructive Play
  • Creative Play/Bermain Kreatif. Permainan yang memungkinkan anak menciptakan berbagai kreasi dari imajinasinya sendiri.
Creative Play/Bermain Kreatif
Creative Play/Bermain Kreatif
  • Symbolic/Dramatic Play/bermain simbolik. Permainan dimana anak memegang suatu peran tertentu.
Symbolic/Dramatic Play/bermain simbolik
Symbolic/Dramatic Play/bermain simbolik
  • Play Games. Permainan yang dilakukan menurut aturan tertentu dan bersifat kompetisi/persaingan.
Play Games
Play Games


Bermain Pasif
Kegiatan bermain pasif tidak melibatkan banyak gerakan tubuh anak, tetapi hanya melibatkan sebagian indera saja terutama pendengaran dan penglihatan. Diantara kegiatan bermain pasif yang sering dilakukan anak adalah receptive play. Receptive play merupakan permainan dimana anak menerima kesan-kesan yang membuat jiwanya sendiri menjadi aktif (bukan fisik yang aktif) melalui mendengarkan dan memahami apa yang dia dengar dan ia lihat.

Sekian uraian singkat mengenai jenis-jenis kegiatan bermain pada pendidikan anak usia dini. Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon