Saturday, January 10, 2015

Mengapa Indonesia Menggunakan KTSP?

Mengapa Indonesia Menggunakan KTSP? - Pada postingan kali ini blog Membumikan Pendidikan akan share tentang implementasi KTSP. Perubahan kurikulum memang wajar, namun bagaimana elemen-elemen pendidikan menyikapi hal tersebut. Adanya perubahan-perubahan kurikulum di Indonesia tidak hanya karena setiap pergantian menteri atau pemangku kebijakan yang dalam bahasa akademis disebut dengan stakeholder. Tetapi juga menyesuaikan perkembangan zaman dan budaya yang ada di suatu negara. Mengapa Indonesia menggunakan KTSP? Mungkin mayoritas dari kita sering bertanya-tanya mengapa demikian. Oleh karena itu, blog Membumikan Pendidikan akan share perihal hal tersebut.

Mengapa KTSP

Hal tersebut di sebabkan adanya perkembangnya pemikiran akan pentingnya kemandirian dalam segala aspek kehidupan sebagai wujud demokrasi. Hal inilah yang menjadi semangat lahirnya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2003 tentang otonomi daerah, termasuk di dalamnya otonomi dalam penyelenggaraan pendidikan.

Mengapa Indonesia Menggunakan KTSP?

Pola  sentralistik  yang  digunakan  pada  masa  orde  baru  terbukti  kurang efektif dalam membangun sistem pendidikan kita, sehingga diperlukan pola desentralistik.

Kondisi geografis Indonesia yang begitu luas serta penduduk yang banyak tidak dapat dikelola dengan baik jika hanya oleh pemerintah pusat. Daerah memiliki peluang yang cukup luas untuk menentukan kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya masing-masing. Implikasi dari kebijakan desentralisasi itu di antaranya berkaitan dengan kurikulum sebagai komponen yang sangat penting dalam pendidikan.

Desentralisasi kurikulum, terutama dalam kaitannya dengan pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang didukung oleh manajemen berbasis sekolah, memungkinkan setiap sekolah untuk merancang dan mengembangkan pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, dan kondisi daerah masing-masing.

Hasil pengembangan kurikulum yang didesentralisasikan adalah kurikulum yang dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan pendidikan di tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan.

Kurikulum yang dikembangkan oleh masing-masing satuan pendidikan dan dilaksanakan di tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Penerapan KTSP diharapkan menjadikan penyelenggara pendidikan di setiap satuan pendidikan lebih mengenal dan memahami kurikulum, mengembangkannya secara kreatif, serta melaksanakannya di sekolah dengan penuh tanggung jawab.

Melalui postingan kali ini, selanjutnya sahabat-sahabat Membumikan Pendidikan akan mempelajari pengembangan kurikulum sekolah (KTSP). Untuk itu, postingan selanjutnya akan dikemas dalam tiga subposting yang terdiri atas:
  • (1) konsep dasar KTSP,
  • (2) komponen KTSP, serta
  • (3) penyusunan KTSP.

Mengapa Indonesia Menggunakan KTSP?

Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon