Tuesday, January 13, 2015

Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi

Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi - Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan suatu proses yang kompleks karena melibatkan berbagai komponen yang saling berkaitan dan berbagai pihak yang berkepentingan dengan pelaksanaan pendidikan di sekolah. Hal ini menuntut profesionalitas tim pengembang, terutama Kepala Sekolah sebagai ketua tim pengembang kurikulum di tingkat sekolah. Keahlian yang dituntut untuk dikuasai bukan hanya mengenai penguasaan dan pemahaman terhadap berbagai komponen kurikulum beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, melainkan juga keterampilan teknis berkaitan dengan pengorganisasian pelaksanaan pengembangannya.

Berdasarkan tuntutan tersebut, sahabat-sahabat Membumikan Pendidikan yang berprofesi sebagai pendidik atau guru perlu dibekali dengan pemahaman tentang pengembangan KTSP, prinsip pengembangan KTSP, dan proses pengembangan KTSP. Untuk itu, mari simak uraian berikut.

Hakikat Pengembangan KTSP

Pengembangan KTSP melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan dengan pelaksanaannya, antara lain guru, siswa, orang tua/wali siswa, pakar kurikulum, komite sekolah, dan pihak lain. Hal ini berarti dalam mengembangkan kurikulum pihak sekolah memiliki kewajiban untuk mensosialisasikan terlebih dahulu kegiatan tersebut kepada pihakpihak yang terkait. Adanya berbagai kebijakan dan acuan, pemahaman akan  kurikulum yang sangat beragam dari pihak-pihak yang terlibat, serta keahlian, waktu, dan energi yang diperlukan dalam mengembangkan kurikulum, memerlukan persiapan yang baik sebelum kegiatan itu dilaksanakan.

Pengembangan  KTSP  sebenarnya  sudah  didahului  dengan  pengembangan kurikulum yang lebih tinggi, yaitu kurikulum tingkat nasional. Pada tingkat nasional, pengembangan kurikulum dilaksanakan dalam rangka mengembangkan Standar Nasional Pendidikan, yang mencakup Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Hasil pengembangan kurikulum tingkat nasional ini selanjutnya dijadikan sebagai landasan, bahkan acuan dalam mengembangkan KTSP.

BAGAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
(Mulyasa, 2006: 147)
Konteks pendidikan Kebangkitan Islam, Clean and Good Governance, Otonomi Daerah, Millenium Goals 2015 (Globalisasi), Demokratisasi, Pembangunan Berkelanjutan, Perkembangan IPTEKS, serta Ekonomi Berbasis.

Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi

Dari bagan tersebut dapat diketahui bahwa pengembangan kurikulum mencakup beberapa tingkat, yaitu pengembangan kurikulum tingkat nasional, pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), Pengembangan Silabus, dan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Demikianlah uraian singkat mengenai Pengembangan Kurikulum yaitu hakikat pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Untuk penjelasan mengenai prinsip pengembangan KTSP dan proses pengembangan KTSP akan diuraikan pada postingan berikutnya. Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon