Sunday, February 01, 2015

Biografi K. Johan Henerich Pestalozzi Seorang Penulis

Biografi K. Johan Henerich Pestalozzi Seorang Penulis - Pestalozzi lahir di Swiss pada tahun 1746, dari seorang ayah ahli bedah terkemuka berbangsa Italia yang beragama Protestan, namun beliau meninggal ketika Johan berusia lima tahun. Dengan demikian Johan tumbuh dan besar di bawah asuhan seorang janda dan pembantunya yang setia.

Pendidikan dan Karir Pestalozzi

Pendidikan yang ditempuh johann Heinrich Pestalozzi dimulai dengan memasuki Sekolah Dasar, sekolah Menengah, kemudian memasuki Collegium Carollinum yaitu sebuah sekolah lanjutan yang didirikan pada abad 8 kemudian dibangkitkan kembali pada abad 17. Sebagai sekolah Humanist oleh seorang tokoh pembaharu agama yang liberal dan Sarjana Klasik yaitu Ulrich Zwingli.
Biografi K. Johan Henerich Pestalozzi Seorang Penulis
Di Akademi Pestalozzi belajar Bahasa dan Sastra Yunani, Yahudi, Sejarah, Retorika serta Filsafat dibawah bimbingan professor yang berpikiran progresif beliau terus mendorong dan mendukung idealism dan minat Pestalozzi terhadap reformasi social.

Dia membaca karya-karya Rosseau dan secara periodik menulis essay tentang politik dan masalah-maslah social yang disponsori oleh anggota fakultasnya, berkat tulisannya itu beliau dijuluki seorang radikal oleh kalangan penguasa pemerintah konservatif. Karena pengaruh tulisan Rosseau yang melukiskan pengacara sebagai pemungut bayaran, dan bertani sebagai pekerjaan alami yang ideal beliau menghentikan rencananya berkarir dalam bidang hukum dan memutuskan menjadi seorang petani. Setelah selama setahun mendapat pelatihan mengenai pertanian di Canton Of Berne Swiss bagian Barat. Tahun 1768 dia mampu membeli tanah dan mulai melakukan percobaan pengolahan tanah dengan metoda yang telah dikembangkan. Tetapi karena kegagalan dalam pengelolaan keuangannya pertanian ini ditutup pada tahun 1774. Beliau mengubah pertanian yang telah diberi nama Neuhoff (New Farm) menjadi sekolah dasar bagi anak-anak terlantar dari petani-petani miskin.

Pada awalnya sekolah ini memiliki 20 orang siswa kemudian bertambah menjadi 50 orang anak laki-laki dan anak perempuan.Pola belajar yang diterapkan merupakan perpaduan berkebun, memasak, menjahit, dan kelompok diskusi dengan belajar Three Rs (menulis, membaca, dan berhitung) juga kajian Injil.

Tahun 1780 sekolah ini ditutup karena kekurangan dana padahal anak-anak telah mencapai kemajuan dan kesejahteraan yang menakjubkan, cukup makanan dan pakaian, pengetahuan keterampilan kesehatn dan karakternya yang terus berkembang. Dalam petualangan cinta sesama ini Pestalozzi telah kehilangan semua asset dan warisan isterinya hanya dengan bantuan sisa teman-temannya beliau dapat mempertahankan kepemilikan rumah keluarganya.

Untuk menopang hidupnya Pestalozzi menjadikan menulis sebagai karir. Tahun 1780 ia menulis artikel pada sebuah jurnal The Evening Hours Of A Hermit yang isinya memerinci prinsip-prinsip pandangan pedegogik dalam bentuk aporisma.

Demikianlah sekilas tentang Biografi K. Johan Henerich Pestalozzi Seorang Penulis. Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon