Tuesday, February 03, 2015

Biografi Paulo Freire Peletak Konsep Pendidikan Pebebasan

Biografi Paulo Freire Peletak Konsep Pendidikan Pebebasan - Membaca pemikiran Paulo Freire tidak bisa dipisahkan dari sejarah hidupnya di masa kecil. Maka, dengan mengetahui biografi hidupnya akan semakin memperjelas pembacaan terhadap alur pemikiran Paulo Freire.

Biografi Paulo Freire

Paulo Freire lahir pada 19 September 1921 di Recife, sebuah kota pelabuhan bagian selatan Brasil. Recife merupakan sebuah kota yang terbelakang dan miskin. Ayahnya bernama Joaquim Temistocles Freire, berprofesi sebagai polisi militer di Pernambuco yang berasal dari Rio Grande de Norte. Dia, ayahnya, adalah seorang pengikut aliran kebatinan, tanpa menjadi anggota dari agama resmi. Baik budi, cakap, dan mampu untuk mencintai.
Biografi Paulo Freire Peletak Konsep Pendidikan Pebebasan
Paulo Freire

Ibunya,  Edeltrus  Neves  Freire,  berasal  dari  Pernambuco,  beragama  Katolik, lembut, baik budi, dan adil. Merekalah yang dengan contoh dan cinta mengajarkan kepada Paulo Freire untuk menghargai dialog dan menghormati pendapat orang lain. Pada tahun 1929 krisis ekonomi melanda Brasil. Orang tuanya, yang termasuk kelas menengah terkena imbas krisis itu dan mengalami kejatuhan financial yang sangat hebat. Akibat kondisi seperti itu, Freire terpaksa belajar mengerti apa artinya menjadi lapar bagi seorang anak sekolah. Sehingga pada umur sebelas tahun, karena pengalaman yang mendalam akan kelaparan, bertekad untuk mengabdikan kehidupannya pada perjuangan melawan kelaparan, agar anak-anak lain jangan sampai mengalami kesengsaraan yang tengah dialaminya.

Paulo Freire kuliah di Universitas Recife pada fakultas hukum. Dia juga belajar filsafat dan psikologi bahasa sambil menjadi guru penggal waktu Bahasa Portugis di karya-karya di bidang yang diminatinya tersebut. Paulo Freire pernah bekerja sebagai bahkan ia menjadi Direktur Bagian pendidikan dan Kebudayaan SESI (Pelayanan Sosial) di Negara Bagian Pernambuco. Paulo Freire mendapatkan gelar doktor di Universitas Recife pada tahun 1959. Paulo Freire mendapat undangan dari Amerika Serikat untuk Tenaga Ahli Pusat Studi Pembangunan Dan Perubahan Sosial serta Guru Besar Tamu di Pusat Studi Pendidikan dan Pembangunan, Universitas Harvard.

Amerika saat itu tengah dilanda banyak huru-hara, mulai dari bentrokan- bentrokan rasial merebak sejak 1965 sampai oposisi terhadap keterlibatan pemerintah Amerika Serikat dalam perang di Asia. Keadaan tersebut sangat mempengaruhi Freire. Dia melihat gejala dikucilkannya orang-orang yang tak berdaya, baik di bidang ekonomi, social, budaya maupun politik, bukan hanya merupakan monopoli Dunia Ketiga, tetapi juga terdapat di Negara maju. Dia juga memliperluas pengertian dunia ketiga dari ke pengertian politis. Dia juga bekerja sebagai penasihat khusus di Kantor Pendidikan Dewan Gereja se-Dunia di Jenewa. Freire mendapat kesempatan mengadakan perjalanan keliling ke nagara lain, dan banyak membaktikan kegiatan untuk mendampingi pelbagai program yang dijalankan Negara-negara sedang berkembang.

Karya Paulo Freire

Beberapa karya Paulo Freire yaitu:
  • Pedagorgy of the Oppressed
  • Pedagogy of the City
  • Pedagogy of Hope
  • Pedagogy of the Heart
  • Pedagogy of Freedom
  • Pedagogy of Indignation

Demikianlah uraian mengenai Biografi Paulo Freire Peletak Konsep Pendidikan Pebebasan. Semoga dapat menambah wawasan sahabat-sahabat membumikan pendidikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

1 komentar:

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon