Sunday, February 15, 2015

Peta Perkembangan Anak Usia Dini

Peta Perkembangan Anak Usia Dini - Setelah pada postingan sebelumnya telah membumikan pendidikan share mengenai perkembangan dan lingkungan anak usia dini. Maka pada postingan kali ini, membumikan pendidikan akan share tentang bagaimana peta perkembangan anak usia dini tersebut.


Peta Perkembangan Anak Usia Dini

Seorang guru PAUD, dipersyaratkan memiliki wawasaan yang memadai tentang prinsip-prinsip perkembangan anak, yang mencakup seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Ia juga harus mengetahui perbedaan individual anak asuhnya karena tidak ada dua anak yang sama walaupun berada pada tahap perkembangan yang sama. Perbedaan individual mencakup aspek jender, temperamen, minat, gaya belajar, pengalaman hidup, budaya, dan juga kemungkinan kelainan atau kekhususan yang dimiliki. Wawasan ini akan memandu guru dalam melaksanakan tugas untuk mengembangkan potensi setiap anak usia dini secara optimal dalam bentuk pengasuhan dan pembimbingan. Wawasan tentang peta perkembangan secara menyeluruh membantu guru untuk menemukan alasan mengapa perilaku anak seperti itu dan memprediksi apa yang akan terjadi dengan anak-anak tersebut. Peta perkembangan lengkap untuk anak sejak lahir sampai usia anak 6 tahun bisa sahabat-sahabat unduh (download) pada link di bawah ini.

Peta Perkembangan Anak


PETA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI:
Ciri-ciri Fisik, Emosi-Sosial, Kognitif

  • Anak Usia 0 – 12 bulan

Itulah tabel perkembangan anak usia 0-12 tahun. Bisa juga download format word nya [disini]
  • Anak Usia 1 tahun
Tabel untuk peta perkembangan anak usia 1 tahun [disini]
  • Anak Usia 2 tahun
Tabel untuk peta perkembangan anak usia 2 tahun [disini]

  • Anak Usia 3 tahun
Tabel untuk peta perkembangan anak usia 3 tahun [disini]

  • Anak Usia 4 tahun
Tabel untuk peta perkembangan anak usia 4 tahun [disini]

  • Anak Usia 5 tahun
Tabel untuk peta perkembangan anak usia 5 tahun [disini]

  • Anak Usia 6 tahun
Tabel untuk peta perkembangan anak usia 6 tahun [disini]


Demikianlah uraian mengenai peta perkembangan anak usia dini. Sekali lagi bahwa tabel-tabel di atas atau yang sudah sahabat-sahabat download tidak dapat dipastikan secara kaku. Artinya bahwa perkembangan masing-masing anak dalam prosesnya tidak bisa terduga. Sekian semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon