Tuesday, March 03, 2015

Budaya Internet dan Cyber Society

Budaya Internet dan Cyber Society - Pada kesempatan postingan kali ini, membumikan pendidikan akan share mengenai budaya internet dan cyber society. Postingan-postingan sebelumnya telah menguraikan bagaimana paradigma keilmuan baru, karakteristik dan kompleksitas abad XXI, perkembangan pendidikan dewasa ini, dll yang pada intinya ingin mengajak sahabat-sahabat mengenal bagaimana ilmu pengetahuan sangat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan manusia terutama dalam hubungan sosial bahkan tidak sedikit pula kegunaannya dapat dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi. Langsung saja di bawah ini uraian singkatnya.
Budaya Internet dan Cyber Society

Sejak dimulainya wacana untuk menghubungkan pengguna komputer satu dengan lainnya yang hanya digunakan di lingkungan perguruan tinggi ternama, perkembangan internet sekarang ini mengalami kemajuan yang luar biasa. Kemajuan itu pertama ditunjang oleh penemuan sains material, sains pencitraan, dan kedua oleh bahasa program yang canggih sehingga memungkinkan pengguna internet melakukan berbagai kegiatan di dunia maya secara interaktif antara: dirinya sendiri dengan komputer atau dengan sesama pengguna lain; secara perorangan atau kelompok; telah mengenal atau belum; di tetangga atau di benua lain; dalam durasi waktu yang tak terbatas. Ini berarti pengalaman yang didapatkan hampir sama dengan kehidupan nyata sehari-hari. Ketika internet diperkenankan untuk digunakan dalam dunia bisnis, kemampuannya berkembang luar biasa. Pengertian bisnis tidak terbatas pada hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan dalam pengertian yang sempit, tetapi semua kegiatan, instrumen, institusi, produksi, distribusi dan konsumsi yang dilaksanakan oleh korporasi, konglomerat, organisasi termasuk perguruan tinggi. Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang,  telah  mewujudkan  budaya internet. Internet mempunyai pengaruh yang besar atas perkembangan ilmu pengetahuan, dan pandangan dunia.

Konvergensi antara internet dengan komunikasi selular (mobile phone) yang disertai oleh semakin tinggi dan canggihnya kapasitas operasionalnya, kemudian didukung oleh berbagai inovasi perangkat keras yang semakin menumbuh dengan diri kita, maka suka atau tidak, internet mulai menggantikan roda komunikasi kehidupan sosial (ekonomi, politik, budaya), dan bahkan dapat mengubah system dan nilai budaya serta dimensi spiritual, berikut dengan implikasi baik buruknya.

Globalisasi dan Pendidikan

Pada mulanya globalisasi disulut oleh niat negara-negara industri maju mengkonsentrasikan upaya pada “Research & Development” untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah tinggi dengan muatan ilmu pengetahuan mutakhir sehingga dengan demikian mereka mendapatkan peluang untuk memenangkan pasar dengan keunggulan kompetitifnya. Kemudian mereka alihkan teknologi industri yang kokoh yang mereka kembangkan dengan infra-strukturnya yang padat investasi itu ke negara-negara ‘berkembang’ melalui apa yang disebut “transfer/alih teknologi”. Maka globalisasi dalam konteks ini menjadi bermakna: kompetisi ekonomi berbasis ilmu pengetahuan. Implikasinya adalah munculnya istilah “ekonomi pengetahuan”, yaitu ekonomi yang dasarnya dan atau produknya adalah pengetahuan. Hal ini pada umumnya melibatkan kegiatan penelitian yang dilakukan di perguruan-perguruan tinggi ataupun lembaga-lembaga penelitian.

Demikianlah uraian singkat tentang Budaya Internet dan Cyber Society. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membuka wawasan sahabat-sahabat membumikan pendidikan dalam dunia yang penuh dengan internet.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon