Wednesday, March 11, 2015

Strategi Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pemberdayaan

Strategi Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pemberdayaan - Pemberdayaan merupakan salah satu strategi pembangunan karakter bangsa yang diarahkan untuk memampukan para pemangku kepentingan dalam rangka menumbuh kembangkan partisipasi aktif mereka dalam pembangunan karakter.

Lingkungan keluarga merupakan wahana pendidikan karakter yang pertama dan utama. Oleh karena itu orang tua perlu ditingkatkan kemampuannya sehingga memiliki kemampuan untuk melakukan pembinaan dan pengembangan karakter. Pemberdayaan di lingkup keluarga dilakukan melalui: (1) penetapan regulasi yang mendorong orang tua dapat berinteraksi dengan sekolah, dan lembaga pendidikan yang terkait pembangunan karakter; (2) pemberian pelatihan dan penyuluhan tentang pendidikan karakter; (3) pemberian penghargaan kepada para tokoh-tokoh atau orang tua yang telah menunjukkan komitmennya dalam membangun karakter di lingkungan keluarga; dan (4) peningkatan komunikasi pihak sekolah dan lembaga  pendidikan terkait dengan orang tua.
Strategi Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pemberdayaan
Satuan pendidikan merupakan wahana pembinaan dan pengembangan karakter siswa yang dilakukan secara formal di lingkungan sekolah. Adapun pemberdayaannya dapat dilakukan melalui:
  • Regulasi tentang pengintegrasian pembelajaran karakter dalam semua mata pelajaran,
  • Meningkatkan kapasitas sekolah bagai wahana pendidikan karakter melalui pelatihan para guru;
  • Penyediaan sumber-sumber belajar yang terkait dengan upaya pengembangan karakter siswa;
  • Pemberian penghargaan kepada satuan pendidikan yang telah berhasil mengembangkan budaya karakter.

Pemerintahan merupakan unsur utama dalam pembangunan karakter bangsa. Hal ini karena pemerintah merupakan salah satu unsur yang memiliki kemampuan atau kelengkapan paling baik diantara pemangku kepentingan dalam upaya membangun karakter bangsa. Untuk itu pemberdayaan terhadap pemerintah adalah sangat strategis, yang dapat dilakukan melalui:
  • Regulasi tentang kebijakan wahana pembangunan karakter bangsa secara terpadu;
  • Peningkatan kapasitas penyelenggara pemerintahan terkait dengan pembangunan karakter;
  • Pemantapan peran pemerintah dalam pemberian fasilitasi dalam rangka pembangunan karakter bangsa; dan
  • Pemantapan fungsi pemerintah sebagai pemberi arah untuk meneruskan kebijakan-kebijakan pembangunan karakter bangsa yang telah diwujudkan kepada semua jajaran agar dipahami, dihayati dan diterapkan dalam etika  berbangsa dan bernegara.

Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Karakter

Pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat sipil merupakan salah satu strategi efektif dalam pembinaan dan pengembangan karakter. Langkah-langkah perberdayaan yang dapat dilaksanakan antara lain: (1) regulasi tentang pentingnya penyadaran pembangunan karakter bangsa; (2) memfasilitasi organisasi profesi, organisasi keagamaan, organisasi pemuda, organisasi usia lanjut yang bergerak dibidang pembangunan karakter bangsa.

Organisasi dan partai politik merupakan wahana yang sangat potensial dalam membangun karakter bangsa, karena di sana terhimpun masyarakat yang memiliki potensi untuk dikembangkan secara masif dalam hal pembangunan karakter bangsa. Pemberdayaan masyarakat politik menjadi penting dilakukan sehingga tumbuh partai politik dan organisasi politik yang berkemampuan dan penuh percaya dalam mengembangkan karakter bangsa terutama bagi anggotanya. Langkah-langkah pemberdayaan yang bisa dilakukan untuk masyarakat politik, diantaranya:
  • Pengembangan kesadaran budaya bangsa melalui berbagai wacana dan media terhadap pentingnya penanaman nilai-nilai politik demokratis berdasarkan Pancasila, penghormatan atas HAM, nilai-nilai persamaan, anti kekerasan, serta nilai-nilai toleransi politik;
  • Regulasi perumusan aspek-aspek politik bagi upaya pelembagaan Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) sebagai prasyarat terciptanya budaya politik yang egaliter, toleran dan damai;
  • Fasilitasi upaya-upaya pengembangan wacana dialog bagi peningkatan kesadaran mengenai pentingnya memelihara persatuan bangsa; dan
  • Fasilitasi  upaya politik bagi penyempurnaan kurikulum sekolah-sekolah dengan muatan budaya lokal berintikan nilai–nilai budaya Demokrasi, HAM dan Etika Politik.
Dunia usaha memiliki peluang yang sangat besar untuk berperan sebagai komponen pembangun karakter bangsa. Adapun langkah-langkah pemberdayaan dapat dilakukan untuk pemberdayaan dunia usaha dan industri mencakup: (1) pengembangan kapasitas pembangunan karakter bangsa pada jajaran manajemen dunia usaha; (2) iklim yang mengarah pada penumbuhan kesadaran untuk membangun karakter bangsa di lingkungan karyawan perusahaan; dan (3)   regulasi yang dapat menumbuhkan kemandirian dan daya saing produk perusahaan.

Media massa memiliki fungsi yang sangat strategis dalam membentuk karakter bangsa, karena pemberitaan/ penyiarannya mengandung informasi yang dapat memberikan pengaruh positif atau negatif terhadap publik. Langkah-langkah pengembangan yang dapat dilakukan untuk memberdayakan media massa, antara lain: (1) regulasi tentang pentingnya melalui media massa dalam membangun karakter; (2) pengembangan kapasitas melalui berbagai pelatihan tentang pembangunan karakter terhadap komunitas pers; dan (3) penghargaan kepada insan media massa yang berhasil mengembangkan pembangunan karakter bangsa.

Demikianlah uraian singkat mengenai Strategi Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pemberdayaan. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan sahabat-sahabat yang budiman.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon