Saturday, April 04, 2015

Implementasi Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test) di Indonesia

Implementasi Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test) di Indonesia - Pada postingan kali ini, membumikan pendidikan akah share mengenai Implementasi Ujian Berbasis Komputer yang sekarang telah mulai diuji cobakan di Negara kita Indonesia.

Berbicara perihal pendidikan di Negara kita tercinta Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Seiring dengan perkembangan jaman yang terus mendorong semua lulusan-lulusan lembaga pendidikan agar mampu bersaing dalam percaturan era globalisasi sekarang ini. Pendidikan dewasa ini terus berkembang tanpa tiada henti, tentunya dengan melakukan inovasi-inovasi terbaru, baik itu dari segi pembelajaran yang menyenangkan, media pembelajaran yang tidak monoton, penggunaan teknologi, treatment-treatment untuk para guru, sarana-sarana yang digunakan, administrasi yang actual serta masih banyak lagi sampai pada inovasi dalam segi ujian nasional. Namun apakah semua hal tersebut sudah berjalan maksimal dan optimal? Inilah yang perlu menjadi bahan penelitian semua stakeholder atau pemangku kebijakan di Negara kita.


Computer Based Test

Sekarang, salah satu inovasi dalam dunia pendidikan kita adalah penggunaan computer dalam suatu test atau ujian yang dikenal dengan nama computer based test. Apakah yang sahabat-sahabat membumikan pendidikan ketahui tentang Computer Based Test (CBT)?
Implementasi Ujian Berbasis Komputer (Computer Based Test)
Inilah terobosan atau inovasi baru yang diterapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan menerapkan pelaksanaan ujian nasional (UN) tahun 2015 berbasis komputer atau computer based test (CBT). Ketika memasuki salah satu ruang uji coba UN CBT di SMA Negeri 1 Depok, Jawa Barat, Kamis kemarin Mendikbud menjelaskan bahwa hari ini kita melihat pelaksanaan uji coba UN CBT hari kedua. Kita ingin melihat dan memastikan praktek di lapangannya, serta ingin duduk bersama anak-anak mendengarkan pendapat mereka.


Kelebihan Computer Based Test

Dikatakan bahwa dengan penggunaan ujian berbasis computer (Computer Based Test) ini, ada beberapa kelebihan di antaranya adalah:
  • ujian menggunakan komputer lebih mudah.
  • tidak perlu menghitamkan bulatan pada lembar jawaban.
  • pelaksaan ujian ini dapat menghemat waktu sekitar 30 menit.

Namun tidak bisa dipungkiri, Mendikbud juga ingin memastikan bahwa pada pelaksaan UN CBT, sekolah dapat memberikan kertas untuk membantu siswa dalam berhitung atau coret-coretan.


Dalam uji coba UN CBT di SMA Negeri 1 Depok yang diikuti oleh 279 siswa, terdiri dari 209 siswa jurusan IPA, dan 70 siswa jurusan IPS. Pada pelaksanaannya sekolah tersebut akan menggunakan lima kelas. Pelaksanaan uji coba UN CBT pada sekolah tersebut di bagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama uji coba dilaksanakan di satu kelas, kemudian tahap kedua dilaksanakan dengan menggunakan tiga kelas, serta tahap akhir pada esok hari akan dilaksanakan dengan menggunakan lima kelas.

Bagi yang ingin mencoba aplikasi CBT dari kementerian pendidikan dan kebudayaan, sahabat-sahabat membumikan pendidikan bisa berkunjung ke situs resminya di bawah ini:

http://minites.puspendik.org/

Demikianlah informasi singkat mengeni implementasi ujian berbasis computer (computer based test) di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement