Tuesday, June 02, 2015

Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di TK

Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di TK - Postingan kali ini, membumikan akan share kepada sahabat-sahabat tentang contoh-contoh kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK) dalam bidang pengembangan pembiasaan.


Sudah kita maklumi bahwa usia 4-6 tahun, merupakan masa peka dalam perkembangan aspek berpikir logis anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi lingkungan dan mengasimilasikan atau menginternalisasikan ke dalam pribadinya. Masa ini merupakan masa awal pengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya tercapai secara optimal. Tanda bahwa anak berkembang optimal mengejawantah pada perilaku sehari-hari yang pada gilirannya menjadi kebiasaan hidup.

Pembiasaan merupakan bagian penting dalam tahapan penalaran prakonvensional dimana anak mula-mula mengembangkan keterampilan hidupnya lebih banyak bergantung pada faktor eksternal. Oleh karena itu, peran orangtua dan guru dalam mengembangkan pembiasaan berperilaku sebagaimana yang dikehendaki (misalnya: disiplin, mandiri) melalui contoh dan tindakan. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, tahapan ini akan berangsur-angsur menuju ke tahap konvensional dimana anak mulai mengembangkan nilai pribadi dan menjadikan nilai-nilai tertentu sebagai pemandu perilakunya.
Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di TK

Sehubungan dengan hal di atas, pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan di Taman Kanak-kanak diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup yang bertujuan mengembangkan kemampuan mencintai diri sendiri melalui mengenal, menerima, dan mengarahkan diri; mencintai orang lain melalui bekerjasama dan berkolaborasi, menolong, toleran, dan empatik; hidup produktif melalui penguasaan kecakapan hidup (life skills dan soft skills); serta hidup lebih berbahagia.

Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran di TK

Di bawah ini, membumikan pendidikan akan sajikan contoh-contoh kegiatan pembelajaran dalam bidang pengembangan pembiasaan di Taman Kanak-Kanak (TK) yang bisa sahabat-sahabat membumikan pendidikan download.

Contoh-Contoh Kegiatan Pembelajaran di TK

Bidang Pengembangan Pembiasaan di TK Kelompok A

Indikator ;


Bidang Pengembangan Pembiasaan di TK Kelompok B


Demikianlah Contoh Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di TK. Semoga dapat membantu dan tentunya dapat bermanfaat bagi sahabat-sahabat membumikan pendidikan.

Advertisement

1 komentar:

Tuntaskan Problem sehari-hari Anda. Dengan Mengikuti Program guru Asma Maharaja Anda dapat Menyelesaikan Masalah/Melunasi Hutang, Kerejekian, Pelarisan dan Tarik Kekayaan (Pesugihan putih / islami, Syarat : Sekecil Apapun harus punya Usaha atau Pekerjaan, Apabila tidak Punya Pekerjaan Insya Allah dalam waktu dekat akan mendapat Pekerjaan).

Selain itu Asma Maharaja Sangat Ampuh untuk Menyembuhkan segala macam penyakit Baik Medis maupun Nonmedis. Asma Maharaja adalah Salah satu ilmu Andalan Ustad Haryono yang sudah terkenal dalam dunia pengobatan. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berprofesi sebagai juru sembuh maupun yang sudah berprofesi sebagai juru sembuh. Garansi 12 Bulan Tidak ada Manfaat, Uang kembali

kunjungi :
www.mbahpartok.com

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon