Monday, March 28, 2016

Pembelajaran Interaktif: Pendalaman Materi Allah itu Ada (Wujud)

Pendalaman Materi Allah itu Ada (Wujud) - Setelah pada postingan sebelumnya membumikan pendidikan telah sedikit banyak memaparkan mengenai Pembelajaran Interaktif untuk Anak: Bukti Allah itu Ada (Wujud). Dimana anak disuguhi dengan bagaimana ia belajar memahami larutnya gula dalam air yang dikorelasikan dengan keimanan bahwa Allah itu Ada. Maka sekarang pada postingan kali ini, membumikan pendidikan akan share mengenai bagaimana follow up atau pendalaman dari materi Bukti Allah itu Ada tersebut. Sehingga anak akan semakin mantap dalam hidupnya. Karena bagaimanapun, aspek keimanan adalah aspek yang paling utama.

Baca juga: Pembelajaran Interaktif untuk Anak: Bukti Allah itu Ada (Wujud)
Pembelajaran Interaktif: Pendalaman Materi Allah itu Ada (Wujud)

Diharapkan dengan penyampaiannya yang menarik dan real, ketika anak sudah dewasa maka akan memahami dengan sendirinya dan bisa kuat dalam menjalankan keyakinannya. Baiklah di sini tidak akan panjang lebar, kita langsung saja bagaimana pendalamannya.


Pendalaman Materi Bukti Allah itu Ada

Di bawah ini membumikan pendidikan uraikan bagaimana prosedur dalam membelajarkan materi Bukti Allah itu Ada dan Wujud kepada anak atau peserta didik.

Aktivitas Pembelajaran:
  • Simulasi, tanya jawab, dan Sharing

Tujuan Pembelajaran:
  • Anak memahami tentang materi Allah itu wujud melalui pengamatan, tanya jawab, dan Sharing.

Media Pembelajaran:
  • Kamar dan Perlengkapannya

Prosedur Pembelajaran:
  • Orang tua meminta anak untuk masuk ke dalam kamarnya.
  • Pastikan bahwa anak telah melihat setiap barang yang ada di dalam kamarnya sengan teliti.
  • Setelah anak melihat sekeliling kamarnya, anak diminta untuk keluar kamar beberapa saat atau bawa anak ke ruang lain dan minta ia untuk tetap di ruangan tersebut hingga beberapa saat.
  • Kemudian, orang tua masuk ke dalam kamar anak dan memindahkan salah satu barang atau beberapa barang.
  • Biarkan anak untuk masuk kembali ke dalam kamarnya dan minta ia untuk melihat apa sajakah yang telah mengalami perubahan.
  • Setelah anak menyebutkan beberapa barang yang berubah, tanyakanlah beberapa pertanyaan untuk anak:
Mengapa barang tersebut bisa pindah tempat atau berubah?
Apakah barang tersebut pindah sendiri?
Apakah kamu melihat bahwa ada seseorang yang telah memindahkan barang tersebut?
Mungkinkah barang tersebut pindah sendiri?
Mengapa kamu begitu yakin bahwa ada seseorang yang memindahkan barang tersebut?
  • Setelah anak menjawab semua pertanyaan tersebut, orang tua kemudian menjelaskan hikmah dari apa yang telah dilakukan anak.
Allah memang ghaib, yaitu tidak tampak oleh penglihatan makhluk, namun Allah ada. Keberadaan-Nya bisa kita rasakan dengan melihat segala sesuatu yang terjadi di alam ini. Jika kita melihat planet-planet yang bergerak mengelilingi matahari secara teratur, tidak mungkin planet-planet itu bergerak dengan sendirinya. Ia bisa bergerak dengan teratur karena memang ada yang menggerakkannya. Meski kita tidak melihat yang menggerakkannya, namun kita yakin bahwa ada kekuatan besar yang menggerakkannya. Manusia tidak mungkin menggerakkannya. Lalu, siapa lagi yang bisa menggerakkannya kalau bukan Allah Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, meski kita tidak bisa melihat Allah, namun kita bisa merasakan bahwa Allah itu ada.
  • Orang tua meminta anak untuk membuat tulisan atau simpulan tentang materi Allah itu Wujud

Multiple Intelligence
Dengan metode tersebut, minimal ada tiga kecerdasan anak yang dapat dikembangkan:
  • Kecerdasan logis, spasial, dan kinestettik berkembang ketika simulasi.
  • Kecerdasan verbal, logis, spasial, interpersonal, dan intrapersonal berkembang ketika anak menjawab pertanyaan dan ketika sharing.

Demikianlah uraian kali ini mengenai Pembelajaran Interaktif: Pendalaman Materi Allah itu Ada (Wujud). Semoga dapat membantu dan mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon