Thursday, March 31, 2016

Pembelajaran Interaktif: Pendalaman Materi Allah Maha Esa

Pendalaman Materi Allah Maha Esa - Pembaca Membumikan Pendidikan yang budiman. Pada kesempatan kali ini, membumikan pendidikan akan share sekelumit tentang pendalaman materi Allah Maha Esa kepada anak. Setelah pada postingan yang lalu telah diuraikan tentang pengenalan materi Allah Maha Esa, maka sekarang pendalaman materinya. Hal ini memberikan petunjuk penting bahwa kewajiban utama orangtua terhadap anak-anaknya adalah menanamkan akidah dalam sanubarinya. Lantas bagaimana cara kita menanamkan pendidikan akidah pada anak di zaman seperti sekarang ini?

Baca juga: Pembelajaran Interaktif: Bukti Allah Maha Esa

Terkait hal ini para orangtua sebenarnya tidak perlu bingung atau kehabisan bahan dalam mengulas masalah cerita atau kisah. Karena, Al-Qur’an sendiri memiliki banyak kisah inspiratif yang semuanya menanamkan nilai ketauhidan. Agar senantiasa anak menjalani hidup dan kehidupannya semakin mantap. Di bawah ini langkah-langkah pendalaman materi bahwa Allah Maha Esa :

Pembelajaran Interaktif: Pendalaman Materi Allah Maha Esa

Pendalaman Materi Allah Maha Esa

Aktivitas Pembelajaran :
  • Tanya jawab, Pengamatan, dan Sharing

Tujuan Pembelajaran :
  • Anak memahami bahwa Allah Maha Esa melalui Tanya jawab

Media Pembelajaran :
  • Lapangan atau alam terbuka, mobil atau motor

Prosedur Pembelajaran :
  • Orang tua memberi pertanyaan-pertanyaan:
Apakah sekarang kamu yakin bahwa Allah itu Esa?
Benarkah Allah itu ada dimana-mana?
Jika Allah ada dimana-mana, bukankah berarti Allah itu banyak?
  • Biarkan anak menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
  • Ajaklah anak berjalan-jalan ke lapangan atau kea lam terbuka pada siang hari saat ada matahari atau pada malam hari saat ada bulan.
  • Mintalah anak untuk mengamati matahari atau bulan.
  • Kemudian, bawalah anak dengan berjalan kaki atau mengendarai mobil atau sepeda motor dan minta anak untuk tetap mengawasi matahari atau bulan selama melakukan perjalanan hingga sampai di tempat lain.
  • Tanyakan kepada anak, Apakah matahari atau bulan yang dilihatnya sama dengan matahari atau bulan yang dilihat di tempat sebelumnya?
  • Jelaskan bahwa meskipun berada di tempat yang berbeda, kita masih bisa melihat matahari dan bulan yang sama. Kapan pun dan dimana pun berada, kita bisa melihat matahari dan bulan yang sama. Mengapa demikian? Karena matahari yang kita lihat hanya ada satu dan bulan yang kita lihat hanya ada satu pula. Lalu, mengapa matahari dan bulan bisa terlihat di semua tempat yang ada di bumi. Jawabannya adalah karena matahari dan bulan memiliki ukuran yang sangat besar sehingga keduanya bisa dilihat dari tempat mana saja yang ada di bumi ini.
  • Jelaskan pula materi ini, bahwa Allah ada di mana-mana bukan berarti Allah itu banyak. Allah Maha Esa, yaitu tetap satu. Namun, Allah Maha Besar, begitu besarnya Allah, manusia akan merasakan bahwa Allah ada di mana-mana.
  • Mintalah anak untuk menjelaskan kembali materi tersebut. Dari penjelasannya, akan terlihat tingkat pemahaman yang dicapai oleh anak. Jika pemahamannya masih kurang, orang tua dapat menambahkannya.

Multiple Intelligence
Dengan metode tersebut, minimal ada tujuh kecerdasan anak yang dapat dikembangkan:
  • Kecerdasan naturalis dan kinestetis berkembang ketika anak diajak jalan-jalan ke alam terbuka.
  • Kecerdasan logis dan spasial berkembang ketika anak mengamati matahari atau bulan dan ketika mendengarkan penjelasan orang tua mengenai bukti bahwa Allah itu Esa.
  • Kecerdasan verbal, logis, spasial, interpersonal, dan intrapersonal berkembang ketika anak menjelaskan kembali materi yang diperolehnya.

Demikianlah uraian singkat mengenai Pembelajaran Interaktif Pendalaman Materi Allah Maha Esa. Semoga dapat menginspirasi dalam mendidik anak-anak sahabat-sahabat membumikan pendidikan dan bisa diimplementasikan dengan bijak. Dan mudah-mudahan anak-anak kita akan memiliki keteguhan hati sehingga di masa depan akan mampu mengemban amanah Allah. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon