Monday, April 11, 2016

Pembelajaran Interaktif: Pendalaman Materi Allah Maha Kuasa

Pembelajaran Interaktif untuk Anak - Dalam pembelajaran, sebisa mungkin seorang peserta didik atau anak dibuat merasa nyaman dan menyenangkan. Dalam hal ini pemilihan tentang bagaimana membelajarkan anak supaya enjoy dibutuhkanlah sebuah metode yang cocok agar berkesan pada diri anak. Pada materi kali ini yaitu Pendalaman tentang materi Allah Maha Kuasa, anak akan diajak untuk bermain peran. Karena dengan bermain peran, banyak kecerdasan-kecerdasan anak yang akan berkembang.
Pembelajaran Interaktif: Pendalaman Materi Allah Maha Kuasa

Berikut membumikan pendidikan uraikan bagaimana prosedur pendalaman materi Allah Maha Kuasa. Selamat menyimak dan membaca.

Pendalaman Materi Allah Maha Kuasa

Aktivitas Pembelajaran
  • Role play (bermain peran)

Tujuan Pembelajaran
  • Anak memahami lebih dalam tentang Allah Maha Kuasa melalui tugas role play (bermain peran) tentang kisah Nabi Idris as dan kisah seorang Yahudi yang sudah direkam anak sebelumnya (baca juga postingan: Bukti Allah Maha Kuasa).

Media Pembelajaran
  • Kostum, telur, jarum jahit, sound system (jika diperlukan), dan hadiah (hadiah bisa berupa barang-barang yang sederhana, seperti snack, permen, alat-alat mainan, dan alat-alat gambar).

Prosedur Pembelajaran
  • Orang tua mengajak anaknya dan teman-teman atau keluarga yang pernah diberikan presentasi oleh anaknya ke sebuah ruangan yang luas atau di halaman rumah. Lalu orang tua meminta anaknya beserta teman-temannya memainkan peran kisah-kisah yang sudah mereka rekam sebelumnya. Orang tua memberikan waktu kepada mereka untuk berlatih selama 10 menit. Jika jumlah teman anaknya banyak, bisa dibagi menjadi beberapa kelompok dan dilombakan. Siapa yang penampilan kelompoknya paling bagus, akan diberikan hadiah agar mereka lebih serius dan bersemangat dalam bermain peran.
  • Ketika anak-anak bermain peran, orang tua dapat memberikan penilaian. Jika memungkinkan orang tua dapat mengundang pelatih drama atau teman lain untuk menjadi juri yang akan memberikan masukan bagi penampilan anaknya agar anaknya dapat tampil semakin bagus pada masa mendatang.
  • Orang tua atau juri dapat memberikan komentar, masukan, atau penghargaan atas penampilan anaknya.
  • Orang tua menanyakan perasaan anaknya ketika role play sambil me-riview materi tentang Allah Maha Kuasa.
  • Jika memungkinkan, orang tua dapat melakukan aktivitas ini pada momen tertentu dengan mengundang teman-teman sekolah anaknya ke rumah untuk melihat anaknya bermain peran. Hal itu akan meningkatkan kepercayaan diri anak (perlu digaris bawahi bahwa undangan itu tidak berarti untuk memamerkan kemampuan role play anak, tetapi sekedar member motivasi anak agar lebih bersemangat).

Multiple Intelligences
Dengan metode tersebut, minimal ada enam kecerdasan anak yang dapat dikembangkan.
  • Kecerdasan verbal, logis, spasial, interpersonal, intrapersonal, dan kinestetik berkembang ketika anak melakukan role play.
  • Kecerdasan verbal, logis, spasial, interpersonal, dan intrapersonal berkembang ketika anak menceritakan perasaannya saat role play.

Demikianlah sekelumit uraian mengenai pembelajaran interaktif pada materi Allah Maha Kuasa. Semoga bisa menginspirasi dan dapat diimplementasikan dalam membelajarkan anak dan mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Advertisement

1 komentar:

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Terima kasih telah berkomentar dengan baik dan sopan.
EmoticonEmoticon