About Us

Membumikan Pendidikan

Sayyid Kutub dalam majalah al-Risalah edisi ke 995 tahun 1955 mengungkapkan bahwa, "Sesungguhnya aku meyakini akan kekuatan ilmu pengetahuan. Dan aku meyakini pula kekuatan hasil kebudayaan. Namun, aku jauh lebih yakin akan kekuatan buah pendidikan". Pendapat tersebut menunjukkan betapa pentingnya proses pendidikan dalam segala aspek kehidupan. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu aspek dari proses pendidikan. Jadi, intinya adalah bagaimana kemampuan seseorang dalam memberdayakan segala komponen dan potensi yang dapat mempengaruhi tingkah laku manusia.

Situs "Membumikan Pendidikan" ini hadir sebagai salah satu ikhtiar dan partisipasi dalam dunia pendidikan sehingga mampu menggali serta mengembangkan potensi yang dimiliki oleh ciptaan Tuhan yang paling sempurna di dunia ini (baca: Manusia). Isi Situs "Membumikan Pendidikan" ini memberikan gambaran bagaimana potret pendidikan yang terjadi dari zaman ke zaman sampai pada implementasinya. Di dalamnya mencakup Teori Belajar, Sejarah Pendidikan, Ayat-ayat Pendidikan, Pendidikan Interaktif, Jurnal Guru, Artikel, Biografi Tokoh-Tokoh Dunia.

Meskipun awalnya Situs "Membumikan Pendidikan" ini difokuskan pada Pendidikan Agama Islam, Situs ini telah mengalami penyesuaian terhadap perkembangan zaman sehingga dapat pula dimanfaatkan sebagai referensi. Tetapi Situs "Membumikan Pendidikan" ini tidak pula berpretensi untuk menjadi panduan buku bagi para pendidik. Mungkin lebih tepatnya sebagai "Pemacu" munculnya kreativitas dan gagasan segar sehingga bisa menambah wawasan menjadi lebih berbobot dan juga menyenangkan.

Tujuan utama Situs "Membumikan Pendidikan" ini adalah, pertama menginformasikan kepada semua kalangan baik siswa, mahasiswa, praktisi pendidikan, serta penyelenggara pendidikan untuk selalu update dalam masalah informasi. Kedua, mengajak para pengajar baik guru maupun ustadz dan pengelola lembaga pendidikan agar jangan cepat lelah dalam meneruskan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu.

Sebagai manusia biasa yang tidak pernah luput dari kesalahan dan khilaf, tentunya Kami segenap Tim Redaksi Situs "Membumikan Pendidikan" ini masih banyak koreksi dan perbaikan. Oleh karena itu, diharapakan kritik dan sarannya demi meningkatkan kualitas kontent dan agar lebih memiliki substansi di masa-masa yang akan datang. Atas kritik, saran dan komentarnya, kami sampaikan terima kasih.




Hormat Kami
tanda tangan membumikan pendidikan
Tim Redaksi MP

New comments are not allowed.